MAN 2 Kota Malang (Masjid Al Falah) — Memasuki bulan suci Ramadhan 1444 H, Kepala Madrasah Drs. KH. Samsudin, M. Pd mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh Takmir Masjid Al Falah, Pengasuh Ma’had Al Qalam dan Panitia Ramadhan dan Idul Fitri pada Rabu Malam (08/03/23) kemarin. Acara rakor yang digelar di ruang dalam Masjid Al Falah MAN 2 Kota Malang. membahas berbagai persiapan layanan ibadah jama’ah di bulan suci ramadhan 1444 H.

Dalam sambutannya, H. Samsudin mengajak kepada seluruh Panitia dan Takmir agar menyambut bulan suci Ramadhan pada tahun ini dengan mengedepankan layanan yang baik untuk jama’ah (tamu dirumah Allah SWT).

” Kami berpesan kepada Panitia sebagaimana dalam istilah jawa, kita harus bisa menghormati tamu atau jama’ah di bulan Ramadhan 1444 H ini dengan lima hal yakni gupuh, aruh, rengkuh, lungguh dan suguh.” Ucap beliau

Lanjut Kamad, “Gupuh artinya bergegas dan antusias saat menerima/menyambut kehadiran tamu. Aruh artinya menyapa, yaitu kita harus membuka diri melalui percakapan agar tamu tadi tidak merasa canggung mengutarakan apa maksud dan tujuannya secara terbuka. Rengkuh artinya dengan lapang dada menerima kehadiran seseorang, meskipun hal itu tidaklah diharapkan. Lungguh artinya mempersilahkan seseorang untuk segera masuk dan mempersilahkan duduk. Dan yang terakhir suguh artinya memberikan suguhan atau hidangan sekedarnya bila ada.” Jelas Beliau

“Lima hal ini bila kita mampu menerapkan dalam keseharian di rumah, di Kantor atau di Masjid. Insya Allah pelayanan kita bisa dikategorikan sebagai Ibadah, sesuai anjuran agama,” pungkasnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait